
Platform layanan penyiaran atau streamingkonten multimedia melalui internet di Indonesia, Video, menghadirkan fitur Vidio Shopping yang diberi nama "Vidio Affiliate Shopping Ads".
Layanan ini disediakan melalui platforme-commerce, Shopee, dengan tujuan untuk mengintegrasikan fitur pemasaran afiliasionline commerce secara langsung dalam tayangan.
Dengan Shopee, inisiatif ini menyajikan pengalaman berbelanja yang lebih sesuai dengan konteks danseamlessdi mana penonton bisa langsung membeli barang di Shopee sesuai dengan konten yang sedang mereka tonton.
Dengan kolaborasi ini, Vidio dan Shopee menunjukkan kemampuan kedua platform dalam mendukung bisnis dari berbagai ukuran, termasuk UMKM danbrandsetempat, agar mampu mencapai pelanggan melalui media yang lebih sesuai dan kontekstual.

CEO Vidio Sutanto Hartono menyatakan, peluncuran ini merupakan langkah penting bagi Vidio untuk memperkuat posisinya dalam ekosistem digital yang terus berkembang.
Melalui Vidio Shopping, kami menggabungkan kekuatan kontenstreamingdengan fitur belanja interaktif dari Shopee, menyajikan bentuk iklan yang terintegrasi muncul pada saat yang paling sesuai, ketika pengguna menikmati konten yang mereka sukai," kata Sutanta.
Kepala Divisi Pemasaran Pertumbuhan Shopee Indonesia, Monica Vionna, menegaskan bahwa Shopee senang berkolaborasi dalam program kreatif yang disajikan Vidio.
Menurutnya, kerja sama ini mampu memperkuat koneksi para penjual di platform Shopee dengan calon pembeli yang lebih banyak melalui konten menarik yang disajikan oleh Vidio.
Ini dianggap akan mendorong perkembangan dan peningkatan penjualan, terutama bagi usaha kecil dan menengah sertabrand lokal di Indonesia.
Program ini secara cerdas mengubah momen-momen paling menarik dalam sebuah tayangan menjadi pengalaman belanja yang sesuai danseamless," jelasnya.
Tentang Iklan Belanja Affiliate Vidio
Pada tahap awal peluncuran, Vidio Affiliate Shopping Ads dapat ditemukan dalam berbagai tayangan populer Vidio, seperti Premier League, Asmara Gen Z, dan Vidio Original Series, di mana penonton bisa melihat dan membeli barang lewat aplikasi Shopee tanpa perlu beralih layar.
Cukup dengan menekan ikon keranjang ataubanneryang tercantum dalam konten, pengguna akan dialihkan ke halaman produk Shopee untuk prosescheckout yang cepat dan mudah.
Di masa depan, fitur ini akan ditingkatkan dengan kemampuan penyesuaian yang memungkinkan setiap tawaran disesuaikan sesuai dengan minat dan kebiasaan menonton pengguna.
Fitur Vidio Shopping akan memudahkan penonton untuk berbelanja di Shopee sambil menonton konten yang mereka sukai di Vidio secara sederhana, antara lain:
- Langkah 1: Ketuk tombol 'Play' pada konten yang ingin kamu tonton di Vidio.
- Langkah 2:Penonton bisa melihat daftar lengkap serta data mengenai setiap produk di bagianbanner atau ikon keranjang yang akan muncul pada konten tersebut.
- Langkah 3: Jika penonton mengklik produk yang disukai, mereka akan langsung dialihkan ke halaman produk di Shopee. Pengunjung bisa memasukkan produk ke keranjang Shopee atau mengklik 'Beli Sekarang' dan langsungcheckout produk yang dapat diperoleh dengan cepat dan sederhana.
Fitur Vidio Shopping akan memasuki tahap uji coba pada 25 Juli 2025 dan menjadi langkah nyata kerja sama Shopee dan Vidio dalam menyajikan inovasi iklan digital sertaonline commerceyang secara alami sesuai dengan perilaku penonton Indonesia saat ini.