Bocoran Jawaban Modul 3 PPG 2025 Topik 1, Tahap Merancang Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan UbD
Perhatikan dan pelajari kunci jawaban soal Modul 3 Topik 1 PPG 2025, yang membahas materi Pendekatan Understanding by Design atau UbD dalam perencanaan pembelajaran. Dalam bagian Modul 3 Pembelajaran Mendalam dan Asesmen Umum 2.0, muncul soal Pemahaman Topik 1.
Dan ini adalah panduan bagi Bapak/Ibu Guru dalam menjawab soal pada tugas tersebut agar jawabannya tepat sasaran, sebagaimana dikutip dari channel YouTube Pak Guru Febta, berikut ini kunci jawaban Modul 3 Topik 1 PPG 2025.
1. Tahapan fase yang harus dilakukan dalam merancang perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD adalah...
A. Merumuskan penilaian, menyusun aktivitas, serta menentukan tujuan pembelajaran
B. Merancang penilaian, menentukan tujuan, dan menyusun kegiatan pembelajaran
C. Merencanakan kegiatan, menentukan tujuan, dan menyusun penilaian pembelajaran
D. Menentukan tujuan, menyusun kegiatan, dan melakukan penilaian
E. Menyusun tujuan, merancang penilaian, dan kegiatan pembelajaran
Jawaban : D
2. Salah satu pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat merancang pembelajaran dengan pendekatan UbD adalah "Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh siswa setelah selesai mengikuti pembelajaran?".
Pertanyaan ini muncul ketika guru sedang...
a. Merencanakan strategi pembelajaran
b. Merumuskan tujuan pembelajaran
c. Merancang asesmen
d. Merencanakan kegiatan pembelajaran
Jawaban : B
3. "Bagaimana cara saya mengetahui bahwa proses pembelajaran telah mencapai tujuan belajar yang diharapkan?" Pertanyaan ini sebaiknya diajukan oleh guru saat akan memasuki tahap...
A. Merencanakan model pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Merancang kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan pendekatan pembelajaran
Jawaban : C
4. "Bagaimana saya merancang kegiatan pembelajaran agar siswa yang beragam mampu mencapai tujuan pembelajaran?" adalah pertanyaan krusial yang harus dipertimbangkan pada tahap...
A. Merencanakan model pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Merancang kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan strategi pembelajaran
Jawaban : D
5. Setelah memahami inti CP, guru diharapkan mulai memperoleh gagasan-gagasan mengenai apa yang harus dipelajari siswa pada suatu tahap, yang kemudian dirumuskan menjadi beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan nyata. Dalam menyusun Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa metode berikut, kecuali...
A. Menyusun TP secara langsung berdasarkan CP
B. Merumuskan TP dengan cara mengevaluasi 'kompetensi' dan 'ruang lingkup materi' pada CP
C. Menyusun TP secara lintas elemen
D. Menyusun TP dengan mempertimbangkan sifat dan ciri-ciri siswa
E. Menentukan TP berdasarkan perasaan pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan siswa
Jawaban : E
6. Capaian Pembelajaran (CP) dapat dirumuskan berdasarkan teori belajar konstruktivisme dan kurikulum yang dirancang dengan pendekatan Understanding by Design (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & McTighe (2005). Dalam kerangka teori ini, "memahami" merupakan kemampuan yang dibentuk melalui proses dan pengalaman belajar yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mampu menjelaskan, memahami, serta menerapkan informasi, menggunakan berbagai sudut pandang, dan merasakan empati terhadap suatu peristiwa. Berdasarkan hal tersebut, pernyataan berikut ini yang tepat dalam kerangka kurikulum nasional adalah...
A. Tingkat pengetahuan tidak dipakai dalam menyusun CP dan tujuan pembelajaran yang berasal dari CP
B. Klasifikasi pengetahuan tidak memanfaatkan kata kerja yang jelas dan spesifik
C. Kurikulum memberikan kebebasan kepada guru untuk mengikuti taksonomi pengetahuan berdasarkan teori yang disukai
D. Pemahaman diartikan sebagai proses kognitif yang rumit dan tidak sederhana, bukan sekadar proses berpikir tingkat dasar.
E. Menganggap bahwa "memahami" bisa diraih tanpa melalui proses dan pengalaman belajar yang mendalam, serta tanpa memberi kesempatan untuk menjelaskan, memahami, dan menerapkan informasi dari berbagai sudut pandang.
Jawaban : D
7. Pembelajaran dan penilaian merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Mengenai hal tersebut, guru dan siswa perlu memahami kompetensi yang ingin dicapai agar seluruh proses pembelajaran dilakukan dengan tujuan mencapai kompetensi yang ditetapkan. Hubungan antara pembelajaran dan penilaian digambarkan dan diperlihatkan melalui ilustrasi berikut, kecuali...
A. Guru perlu memastikan bahwa tujuan pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan dan kebutuhan siswa berdasarkan hasil penilaian awal.
B. Guru mampu mengevaluasi pencapaian hasil belajar siswa di akhir proses pembelajaran apabila diperlukan
C. Selama proses pembelajaran, guru dapat melakukan penilaian formatif untuk mengetahui seberapa jauh tujuan pembelajaran telah tercapai oleh siswa.
D. Guru harus menyusun penilaian yang dilakukan di awal proses pembelajaran, selama pembelajaran berlangsung, dan pada akhir pembelajaran.
E. Pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa mempertimbangkan hasil penilaian awal, karena hal tersebut bisa menghambat kreativitas siswa
Jawaban : E
8. Dalam setiap pelajaran, terdapat beberapa Capaian Pembelajaran (CP) yang merupakan kompetensi yang harus dicapai siswa pada setiap tahap. Penyusunan CP ini menjelaskan tujuan umum dan durasi waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam enam tahapan yang disebut fase. Penggunaan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dijelaskan sebagai berikut, kecuali...
A. Membuka peluang kerja sama antar guru di tahap yang sama dalam merancang pembelajaran yang efisien untuk siswa
B. Mendorong guru untuk berfokus pada pencapaian kompetensi pada akhir tahap, tanpa perlu memperhatikan perkembangan siswa dan kelanjutan proses pembelajaran antar kelas
C. Memberikan kesempatan kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan kesiapan siswa
D. Memungkinkan pendidik merancang serta melaksanakan proses pembelajaran
Jawaban : B
9. Di akhir semester, Pak Tomi mengadakan ujian tertulis bagi seluruh siswanya guna menentukan nilai kelulusan mereka dalam pelajaran Matematika. Hasil ujian ini akan menjadi dasar laporan perkembangan belajar siswa kepada orang tua. Kegiatan penilaian yang dilakukan oleh Pak Tomi termasuk dalam kategori...
A. Penilaian untuk Pembelajaran (AfL)
B. Penilaian sebagai Pembelajaran (AaL)
C. Penilaian Pembelajaran (AoL)
D. Asesmen Awal
E. Asesmen Nasional
Jawaban : C
10. Pernyataan mengenai penilaian awal berikut ini yang tidak sesuai adalah....
A. Penilaian awal bertujuan untuk memperoleh angka pencapaian hasil belajar yang dibandingkan dengan kriteria pencapaian pembelajaran yang ditentukan.
B. Hasil penilaian awal dapat menjadi dasar untuk melaksanakan tindakan perbaikan berupa intervensi yang sesuai
C. Hasil penilaian awal bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kompetensi, kelebihan, dan kekurangan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
D. Penilaian awal bisa digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran peserta didik yang beragam
E. Hasil penilaian awal digunakan untuk mengidentifikasi minat, kemampuan, dan kesiapan peserta didik dalam belajar
Jawaban : A
***