Kunci Jawaban Modul 3 PPG 2025 untuk Guru Tertentu

Kunci Jawaban Modul 3 PPG 2025 untuk Guru Tertentu

- Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 FPPN 1 PPG Guru Tertentu 2025 ini disusun sebagai panduan untuk membantu Bapak/Ibu guru peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) memahami materi secara lebih praktis dan terarah.

Harap diingat bahwa jawaban ini hanya sebagai panduan untuk mempermudah guru peserta PPG dalam hal tertentu.

Yang paling utama adalah seberapa baik peserta memahami materi yang telah dipelajari.

Karena, tingkat pemahaman ini nantinya akan sangat memengaruhi keberhasilan Bapak/Ibu guru dalam menghadapi Uji Kompetensi Profesi Pendidik dan Guru (UKPPPG).

Oleh karena itu, sebaiknya peserta terlebih dahulu membaca dan memahami seluruh materi modul sebelum mencoba mengerjakan soal latihan.

Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 FPPN Topik 1: Filosofi Pancasila dan Pandangan Ki Hajar Dewantara sebagai Dasar Pendidikan Nasional

Materi: Mengenali Diri Sendiri - Siapa Kamu Sebagai Guru?

1. Semua jenis pekerjaan memerlukan kita untuk terus-menerus belajar, termasuk dalam profesi guru. Guru merupakan seorang yang terus belajar sepanjang hidupnya dan tidak boleh berhenti berproses belajar. Manakah yang bukan keuntungan dari belajar bagi seorang guru?

  • Menginspirasi dan memberikan semangat kepada siswa agar terus belajar tanpa henti.
  • Meningkatkan kemampuan Dosen dan kualitas kompetensi sebagai tenaga pengajar.
  • Untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan siswa.
  • Untuk memperoleh pengetahuan tambahan mengenai bidang yang diajarkan
  • Untuk menunjukkan semangat belajar mandiri dengan terus-menerus berproses dalam belajar.

Jawaban: Untuk menunjukkan semangat belajar mandiri dengan terus-menerus berusaha belajar.

Materi: Pendidikan dan Melepaskan serta Berpihak kepada Siswa

1. Bagaimana makna 'manusia merdeka' menurut Ki Hadjar Dewantara?

  • Orang yang mandiri dan mampu memenuhi keperluannya sendiri tanpa memerlukan bantuan dari pihak lain.
  • Orang yang hidupnya bergantung pada kekuatan dan kemauannya sendiri, baik secara fisik maupun rohani; tidak memerlukan bantuan dari siapa pun.
  • Orang yang mampu mengambil keputusan untuk dirinya sendiri serta orang-orang di sekitarnya yang berada dalam pengaruhnya.
  • Orang-orang yang mampu memberikan keuntungan kepada sesama, baik secara fisik maupun spiritual.
  • Orang yang memiliki keyakinan kuat dan prinsip hidup, serta tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.

Jawaban: Seseorang yang hidupnya bergantung pada kemampuan dan keinginan diri sendiri, baik secara fisik maupun rohani; tidak memerlukan bantuan dari orang lain.

2. Bagaimana peran guru menurut Ki Hadjar Dewantara?

  • Mentransfer pengetahuan dan nilai kepada siswa.
  • Memberi petunjuk kepada siswa agar berkembang dan tumbuh secara maksimal.
  • Membimbing perkembangan dan kehidupan potensi alami yang terdapat pada anak.
  • Membimbing anak dengan nilai-nilai positif agar dapat meraih kesuksesan di masa depan.
  • Membantu anak mengenali bakat dan kemampuan yang dimilikinya.

Jawaban: Membimbing perkembangan dan kehidupan potensi alami yang terdapat pada anak.

3. Bagaimana peran guru dalam sistem 'among' yang digunakan di perguruan Taman Siswa?

  • Guru bertindak sebagai pengawas bagi siswa yang belajar mandiri sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama.
  • Guru berperan sebagai pemandu dalam proses belajar yang memberikan arahan, perhatian, dan kasih sayang.
  • Guru menyediakan sarana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan sifat siswa.
  • Guru memberikan semangat dan bantuan kepada siswa agar mampu belajar secara mandiri.

Jawaban: Seorang guru berperan sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar dengan memberikan bimbingan, perhatian, dan kasih sayang.

4. Siapa saja tokoh-tokoh pendidikan dunia yang berpengaruh terhadap pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan?

  • Friederich Froebel dan Maria Montessori
  • Douwess Dekker dan Maria Montessori
  • Rabindranath Tagore dan Douwes Dekker
  • KH Ahmad Dahlan dan Friedrich Froebel
  • KH Ahmad Dahlan dan Nyai Ahmad Dahlan

Jawaban: Friederich Froebel dan Maria Montessori

Materi: Pancasila sebagai Dasar Filosofis Pendidikan Nasional

1. Apa arti pendidikan berbasis Pancasila dalam perspektif filsafat?

  • Pendidikan Pancasila berperan sebagai dasar dalam pengembangan pendidikan nasional.
  • Tujuan dan arah pendidikan nasional perlu sejalan dengan nilai-nilai mulia Pancasila.
  • Pancasila perlu diajarkan kepada seluruh siswa.
  • Pendidikan nasional merupakan pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan prinsip-prinsip Pancasila
  • Kepatuhan terhadap Pancasila menjadi indikator keberhasilan dalam belajar.

Jawaban: Arah dan tujuan pendidikan nasional perlu sejalan dengan nilai-nilai mulia Pancasila

2. Pendidikan budi pekerti perlu sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Bagaimana Ki Hadjar Dewantara menjelaskan mengenai budi pekerti?

  • Sifat seseorang yang dipengaruhi oleh faktor keturunan, lingkungan, dan situasi tertentu
  • Kemampuan seseorang dalam memahami peristiwa alam melalui indranya
  • Pendidikan budi pekerti berkaitan dengan kemampuan berpikir atau pemahaman dalam mengambil keputusan.
  • Kombinasi antara pemikiran (kognitif) dan perasaan (afektif) yang menghasilkan keinginan (psikomotorik)

Jawaban: Kombinasi antara pemikiran (kognitif) dan perasaan (afektif) yang menghasilkan keinginan (psikomotorik)

Materi: Peningkatan Akhlak Melalui Tiga Pilar Pendidikan

1. Sebutkan komponen-komponen utama dalam pendidikan karakter anak berdasarkan konsep Catur Pusat Pendidikan menurut Nyai Ahmad Dahlan?

  • Kelompok, Sekolah, Masyarakat, serta Media Sosial
  • Lembaga Pendidikan, Masyarakat, Tokoh Keagamaan, serta Keluarga
  • Kelompok Keluarga, Komunitas, Pemerintah, serta Tempat Peribadatan
  • Lembaga Pendidikan, Komunitas, Keluarga, serta Bimbingan Akademik
  • Keluarga, Sekolah, Masyarakat, serta Tempat Beribadah

Jawaban: Keluarga, Sekolah, Masyarakat, serta Tempat Ibadah

Materi: Mendidik Sesuai dengan Fitrah Alam dan Fitrah Zaman

1. Apa yang dimaksud dengan menyesuaikan pendidikan sesuai dengan sifat alami?

  • Menyesuaikan bahan ajar dan metode belajar dengan lingkungan di mana siswa tumbuh dan berkembang, termasuk lingkungan sosial budaya.
  • Menyesuaikan kurikulum dan metode pembelajaran dengan perkembangan teknologi terkini dalam dunia pendidikan
  • Menyesuaikan bahan ajar dan metode belajar dengan isu-isu serta tantangan global yang dialami siswa
  • Menyesuaikan bahan ajar dan metode belajar dengan sifat alami dan rohani manusia

Kunci Jawaban: Menyesuaikan bahan ajar dan metode belajar dengan lingkungan tempat siswa tumbuh serta berkembang, termasuk lingkungan sosial budaya.

Materi: Cara Mendidik dengan Pendekatan Kontekstual

  1. Dalam memberikan pendidikan yang menyeluruh dan utuh, pendidikan seharusnya bersifat kontekstual dengan memperhatikan kodrat keadaan. Apa saja yang termasuk dalam kodrat keadaan menurut Ki Hadjar Dewantara?
  • Situasi dan kondisi
  • Situasi pendidikan dan pemerintahan
  • Jalannya Alam dan Jalannya Zaman
  • Kondisi sekolah dan keluarga
  • Kondisi guru dan siswa

Jawaban Kunci: Kodrat Alam dan Kodrat Zaman

Materi: Menyikapi Keberagaman

1. Dalam menghadapi keragaman dan pengaruh luar dalam masyarakat, Ki Hadjar Dewantara memperingatkan para guru untuk membimbing siswa mencapai potensi dirinya dengan menerapkan azas trikon. Sebutkan 3 azas dalam trikon sesuai pendapat Ki Hadjar Dewantara?

  • Kontinyu, kondusif, dan konsentris
  • Kontinyu, konvergen, dan konsentris
  • Konvergen, kondusif, dan konsentris
  • Kondusif, kontekstual, dan kontinyu
  • Kontinyu, konvergen, dan kontekstual

Jawaban: Berkelanjutan, mendekati, dan sepusat

2. Apa artinya azas konsentris dalam menghadapi keragaman dan masuknya pengaruh budaya asing?

  • Pengembangan pendidikan yang perlu dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan dengan mempertimbangkan perbedaan sifat serta kebutuhan para siswa.
  • Membuat rencana pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mengutamakan kebutuhan mereka, sambil memperhatikan kondisi budaya di sekitar lingkungan.
  • Mengumpulkan informasi, pengetahuan, dan kebijaksanaan dari berbagai sumber yang beragam, serta disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang kita miliki sendiri.
  • Pengembangan kurikulum pembelajaran yang berfokus pada keberagaman sifat dan kebutuhan peserta didik Pengembangan sistem belajar yang mengutamakan variasi kepribadian dan kebutuhan siswa Pengembangan program pendidikan yang memperhatikan perbedaan karakter dan kebutuhan peserta didik Pengembangan pembelajaran yang disesuaikan dengan keragaman sifat dan kebutuhan siswa Pengembangan kurikulum yang menyesuaikan diri dengan perbedaan kepribadian dan kebutuhan peserta didik Pengembangan metode belajar yang mempertimbangkan variasi karakter dan kebutuhan siswa Pengembangan program pembelajaran yang memperhatikan keberagaman sifat dan kebutuhan peserta didik Pengembangan sistem pendidikan yang berorientasi pada keberagaman dan kebutuhan siswa
  • Mengintegrasikan keragaman dan pengaruh luar dengan karakter budaya sendiri sebagai inti, sehingga siswa berkembang secara maksimal tanpa kehilangan identitasnya.

Jawaban: Menyusun keragaman dan pengaruh luar secara berlapis dengan budaya sendiri sebagai intinya, sehingga siswa tumbuh dan berkembang maksimal tanpa kehilangan identitasnya.

*) Disclaimer: Kunci jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Nilai (FPPN) Topik 1: FilsafatPancasiladan Pandangan Ki Hajar Dewantara sebagai Dasar Pendidikan Nasional dalam artikel ini hanya digunakan sebagai acuan bagi guru yang mengikuti PPG 2025 dalam mengerjakan di Ruang GTK.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama