
PORTAL SULUT- Berikut ini jawaban dari post test modul 1 Prinsip Pengajaran dan Asesmen (PPA) topik 2 PPG Guru Tertentu 2025 tahap 2.
Terdapat 5 pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta PPG Guru Tertentu 2025 tahap 2. Berikut soal beserta jawabannya.
Soal dan Jawaban Uji Coba Modul 1 Topik 2
1. Anda merasa bahwa ujian tertulis yang selama ini digunakan belum mampu menunjukkan kemampuan sebenarnya dari peserta didik. Tahun ini, Anda ingin menerapkan metode penilaian yang berbeda untuk mengevaluasi pemahaman serta kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan. Sebagai guru mata pelajaran, apa langkah utama yang Anda lakukan?
A. Menyusun sebuah kasus yang akan dibahas dan dipresentasikan
B. Menggunakan cara penyajian secara pribadi
C. Melakukan diskusi lisan untuk mengungkap kedua unsur penilaian tersebut
D. Mempertimbangkan penilaian lain yang lebih sesuai untuk mengungkap pemahaman serta menerapkan pengetahuan
E. Meningkatkan jumlah dan variasi soal ujian tertulis, serta mengatur ulang durasi pengerjaannya
Jawaban: A. Mengajukan suatu kasus yang akan dibahas dan dipresentasikan
2. Selama lima tahun terakhir Anda mengajar di kelas tinggi, tetapi tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas dasar, yaitu kelas satu. Ketika Anda ingin menyampaikan konsep bilangan, Anda mencoba menuliskannya di papan tulis, namun siswa tampak tidak fokus dan lebih sibuk bermain sendiri. Bagaimana Anda mengatasi situasi ini?
A. Mengajak peserta didik untuk mengamati angka yang telah ditulis di papan tulis
B. Menggali konsep untuk penyampaian materi matematika yang lebih menarik
C. Membuat sejumlah kartu angka dan meminta peserta didik mengatur urutannya
D. Berusaha melakukan kegiatan bermain dan belajar meskipun masih belum mengerti cara melakukannya
E. Mengajak siswa untuk memasangkan jumlah kancing dengan angka yang sesuai
Jawaban: C. Menyediakan sejumlah kartu angka dan meminta siswa mengatur urutannya
3. Anda merupakan guru kelas 1 SD. Selain bertujuan untuk memperkenalkan angka dari 1 sampai 10, Anda juga berharap siswa-siswi dapat menulis bilangan-bilangan tersebut. Namun, Anda melihat bahwa beberapa di antara mereka belum terampil dalam menggenggam alat tulis. Jika menghadapi kondisi ini, apa tindakan prioritas yang Anda lakukan?
A. Tetap meminta seluruh siswa untuk berlatih menulis angka 1 sampai 10
B. Membedakan kompetensi target dengan mengenali kemampuan motorik halus peserta didik
C. Menyadari bahwa tidak semua siswa kelas 1 SD telah mahir dalam menulis
D. Berusaha mengurangi jumlah angka yang perlu ditulis oleh siswa
E. Mengajak peserta didik untuk menuliskan angka 1 sampai 5 terlebih dahulu
Jawaban: B. Membedakan kompetensi tujuan dengan mengenali kemampuan motorik halus siswa
4. Anda merupakan guru Bahasa Inggris di sebuah sekolah dasar. Pada minggu ini, Anda ingin menghubungkan antara budaya dengan perkembangan bahasa Inggris secara keseluruhan. Anda sedikit mengalami kesulitan dalam menentukan budaya apa yang akan dibahas karena siswa di kelas Anda berasal dari berbagai latar belakang budaya. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Membahas di kelas mengenai fungsi budaya dalam pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
B. Menggali konsep cerita dari berbagai budaya guna memperluas pemahaman terhadap perbedaan penggunaan bahasa.
C. Memperkenalkan budaya-budaya yang umum ada di Indonesia dengan menggunakan metode ceramah dalam Bahasa Inggris di depan kelas.
D. Melibatkan siswa dalam proyek kelompok untuk merancang dan mempresentasikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budaya mereka.
E. Menyajikan contoh perbedaan budaya yang berdampak pada pembelajaran Bahasa Inggris dan meminta pendapat dari peserta didik.
Jawaban: D. Melibatkan siswa dalam proyek kelompok untuk merancang dan mempresentasikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budaya mereka.
5. Anda mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Anda menyadari bahwa kemampuan menulis sering kali tidak mendapat perhatian yang cukup dalam pelajaran ini, dan Anda ingin meningkatkannya. Sebelumnya Anda sudah memberikan tugas menulis, namun hasil yang diperoleh siswa bervariasi tergantung jenis tulisan, seperti esai, laporan kejadian, cerita, dan lain sebagainya. Apa yang akan Anda lakukan dalam tugas kali ini?
A. Mengharuskan seluruh siswa untuk menyusun tulisan dengan kategori dan topik yang sama
B. Memberikan tugas yang berbeda terkait topik, jenis, dan ketentuan penulisan yang spesifik
C. Mengerti bahwa diperlukan latihan menulis yang berbeda tergantung pada kemampuan siswa
D. Mengadakan proyek penulisan bersama antar siswa yang memiliki kemampuan menulis yang berbeda-beda
E. Mencoba memberikan arahan atau pekerjaan menulis di berbagai kategori yang beragam
Jawaban: D. Mengadakan proyek menulis bersama antar siswa dengan kemampuan menulis yang berbeda-beda.***