Vidio Shopping Hadirkan Inovasi Konten Komersial dari Kolaborasi Shopee dan Vidio

– Vidio, platform OTT terkemuka di Indonesia, secara resmi meluncurkan fitur Vidio Shopping dengan "Vidio Affiliate Shopping Ads" yang bekerja sama dengan Shopee. Fitur ini menjadikan Vidio sebagai platform OTT pertama di Indonesia yang mengintegrasikan fitur afiliasi e-commerce langsung dalam tayangan. Dengan Shopee, inisiatif ini menyediakan pengalaman belanja yang kontekstual danseamlessdi mana penonton bisa langsung membeli barang di Shopee sesuai dengan konten yang sedang mereka tonton.

Melalui kolaborasi ini, Vidio dan Shopee menekankan potensi kedua platform dalam mendukung bisnis dari berbagai ukuran, termasuk UMKM dan merek lokal, agar mampu mencapai konsumen melalui media yang lebih sesuai dan kontekstual. Peluncuran ini menjadi langkah strategis bagi Vidio untuk memperkuat posisinya dalam ekosistem digital yang dinamis.

Di Indonesia, tren content commercesedang berkembang pesat, berubah dari hanya konten informasi menjadi saluran penjualan langsung yang terhubung dengan platform digital dan media sosial. Inisiatif ini menekankan pada pengembangan metode belanja baru yang lebih menarik, personal, serta sesuai dengan kehidupan sehari-hari pengguna.

Pada tahap awal peluncuran, fitur ini dapat ditemukan dalam berbagai tayangan populer Vidio, seperti Premier League, Asmara Gen Z, dan Vidio Original Series, di mana penonton bisa melihat dan membeli barang melalui aplikasi Shopee tanpa perlu beralih dari layar. Dengan sekali klik pada ikon keranjang atau banner yang muncul di konten, pengguna akan dialihkan ke halaman produk Shopee untuk prosescheckout yang cepat dan mudah. 

Kolaborasi ini merupakan awal dari pengalaman berbelanja yang semakin kontekstual dan personal.Selanjutnya, fitur ini akan dikembangkan dengan kemampuan penyesuaian pribadi yang memungkinkan setiap tawaran disesuaikan dengan minat dan kebiasaan menonton pengguna. Kombinasi antara hiburan dan e-commerce ini membuka kesempatan baru dalam mengubah penonton menjadi pembeli secara alami dan sesuai konteks.

Sampai saat ini, fitur Vidio Shopping masih berada dalam tahap pengujian dengan 15 merek yang telah bergabung dalam sistem "content commerce" ini, antara lain Wondermist, FFAR, Majika, Wardah, Emina, Kahf, Make Over, Samsung, Somethinc, Amaterasun, Hint, Nivea, Eiger, Colorbox, dan The Executives.

Fitur Vidio Shopping akan memudahkan penonton untuk berbelanja di Shopee sambil menonton konten yang mereka sukai di Vidio secara sederhana, antara lain:

  1. Langkah 1: Ketuk tombol 'Play' pada konten yang ingin kamu tonton di Vidio.

  2. Langkah 2:Penonton bisa melihat daftar lengkap serta data mengenai setiap barang di bagianbanner atau ikon keranjang yang akan muncul pada konten tersebut.

  3. Langkah 3: Jika penonton mengklik produk yang disukai, mereka akan langsung dialihkan ke halaman produk di Shopee. Penonton bisa memasukkan produk ke keranjang Shopee atau menekan tombol 'Beli Sekarang' dan langsungcheckout produk yang dapat diperoleh dengan cepat dan sederhana.

Sutanto Hartono, CEO Vidio mengatakan, Kolaborasi ini menjadi langkah inovasi di tengah perkembangan industri periklanan digital. Dengan Vidio Shopping, kami menggabungkan kekuatan konten streaming bersama fitur belanja interaktif dari Shopee, menciptakan bentuk iklan yang terintegrasi dan muncul pada waktu yang paling sesuai, ketika pengguna sedang menikmati konten kesukaan mereka. Kami bangga dapat bekerja sama dengan Shopee sebagai platform e-commerce terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara, sekaligus membuka peluang pendapatan baru serta menetapkan standar inovasi bagi ekosistem konten dan perdagangan di negara ini.

Sementara itu, Monica Vionna, Direktur Pemasaran Pertumbuhan Senior, Shopee Indonesiamenambahkan, “Shopee berbahagia dapat bekerja sama dalam program inovatif yang disajikan Vidio, yang secara cerdas mengubah momen-momen paling menarik dalam sebuah tayangan menjadi pengalaman belanja yang sesuai dan mulus. Kami melihat kerja sama ini dapat membantu para penjual di platform kami lebih terhubung dengan calon pembeli yang lebih banyak melalui konten menarik yang disediakan oleh Vidio. Dan ke depannya akan semakin mendorong pertumbuhan serta peningkatan penjualan bagi bisnis UMKM dan merek lokal.

Fitur Vidio Shopping akan memasuki tahap uji coba pada 25 Juli 2025 dan menjadi tindakan nyata dari kerja sama Shopee dan Vidio dalam menyajikan inovasi iklan digital sertaonline commerceyang secara alami sesuai dengan perilaku penonton Indonesia saat ini.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama