50 Soal PTS PPKN Kelas 8 SMP Semester Ganjil 2025

50 Soal PTS PPKN Kelas 8 SMP Semester Ganjil 2025

Berikut ini adalah kumpulan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 8 SMP Semester 1 tahun 2025.

Selain membahas materi yang telah dipelajari, persiapan PTS / UTS bisa dilakukan dengan latihan mengerjakan soal-soal PAS/UAS.

Soal dan jawaban yang diambil dari Kurikulum Merdeka untuk tahun ajaran 2025/2026.

Soal yang disertai dengan jawaban dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di rumah maupun untuk menguji pemahaman siswa.

Berikut soal dan jawaban latihan PTS PPKN Kelas 8 SMP Semester 1 Tahun 2025 yang dikutip dari berbagai sumber:

1.   Nilai-nilai Pancasila sebagai landasan negara membuat setiap tindakan dan setiap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para penyelenggara negara serta pelaksana pemerintahan ....

A. perlu disesuaikan dengan Pancasila

B. harus selalu mengacu pada Pancasila

C. selalu memperkuat nilai-nilai Pancasila

D. harus memperhatikan nilai-nilai Pancasila

2.   Konstitusi Negara Republik Indonesia Tahun 1945 juga berperan dalam menentukan bagaimana kekuasaan negara dibentuk, dibagi, dan dijalankan. Dalam posisi demikian, Konstitusi Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mempunyai fungsi sebagai ....

A.  alat kontrol

B.  penentu

C.  pengatur

D.  pembatas

3.   Pokok demokrasi di Indonesia berlandaskan pada prinsip musyawarah dan prinsip kekeluargaan. Pernyataan ini merupakan ciri yang terdapat dalam nilai-nilai Pancasila, yaitu sila ke .....

A.  1

B.  2

C.  3

D.  4

4.   Sebagai umat manusia yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita harus melaksanakan semua perintah-Nya dan menghindari segala larangan-Nya. Tindakan ini berkaitan dengan nilai Pancasila khususnya nilai....

A.  ketuhanan

B.  kemanusiaan

C.  persatuan

D.  kerakyatan

5.   Hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Pembukaan UUD 1945 dapat dijelaskan melalui pernyataan berikut, kecuali ....

A. paragraf 1 sampai 3 Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 merupakan penjelasan rinci dari kalimat pertama Proklamasi Kemerdekaan

B. paragraf kedua menjelaskan arah pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan

C.  Pembukaan UUD 1945 pada dasarnya merupakan pernyataan yang lebih rinci mengenai adanya cita-cita tinggi yang menjadi semangat penggerak dalam penetapan kemerdekaan Indonesia.

D. Pembukaan UUD 1945 ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI sebagai satu-satunya lembaga yang memiliki kewenangan kenegaraan pada masa itu.

6. Perhatikan peran Pancasila berikut ini!

1.    Sebagai alat yang menghubungkan rakyat sebangsa

2.    Memimpin bangsa Indonesia menuju tujuan yang ditetapkan

3.    Sebagai landasan pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara

4.    Sebagai dasar dan sumber hukum yang berlaku di tingkat nasional

Berdasarkan pernyataan di atas, fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara ditunjukkan pada nomor ....

A.                1 dan 2                                    C.        1 dan 3

B.                 3 dan 4                                    D.        2 dan 4

7. Dampak yang dialami oleh sebuah negara yang tidak memiliki Dasar Negara ....

A.                menjadi negara yang selalu mendapat rasa takut dari negara-negara lain

B.                 menjadi negara yang rakyatnya selalu mengalami penderitaan

C. menjadi negara yang tidak memiliki arah dan tujuan yang pasti

D.                menjadi negara yang rentan terpecah belah

8. Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila berperan sebagai ....

A.                landasan berdirinya dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia

B.                 dasar dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan

C. sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia

D. sebagai pembimbing yang membimbing bangsa Indonesia menuju tujuan

9. Aturan dalam UUD 1945 menyebutkan bahwa lembaga negara memiliki kewenangan untuk mengangkat seorang presiden dan wakil presiden, yaitu.

A. MA

B. MK

C. MPR

D. DPR

10. Sistem demokrasi diberlakukan di Amerika Serikat adalah.

A. Demokrasi rakyat      

B. Demokrasi liberal

C. Demokrasi totalite

D. Demokrasi terpimpin

11. Kekuasaan tertinggi berada di tangan negara demokratis yang dikenal sebagai.

A. Negara

B. Rakyat

C. Penguasa

D. MPR/DPR

12. Pada perkembangan budaya demokratis di Indonesia pada periode tahun 1959 hingga 1966 adalah.

A. Periode demokrasi parlementer

B. Periode demokrasi Pancasila 

C. Periode demokrasi liberal      

D. Periode demokrasi terpimpin

13. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1.    Seluruh dasar Pancasila tidak mungkin dijalankan secara terpisah satu sama lain

2.    Sila pertama dari Pancasila didasarkan pada sila-sila lainnya

3.    Sila kedua dari Pancasila menjadi dasar bagi sila ketiga, keempat, dan kelima, serta dijiwai oleh sila pertama.

4.    Sila kelima berlandaskan dan dijiwai oleh sila-sila lainnya

Pernyataan yang tepat yang menggambarkan bahwa nilai-nilai Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan utuh, ditunjukkan oleh nomor ....

A.                1 dan 3            B.        1 dan 4            C.        2 dan 3            D.        3 dan 4

14. Sebagai aturan hukum, Pancasila memiliki sifat yang bersifat wajib atau mengikat, yang berarti ....

A.                aturan-aturan lainnya dalam kehidupan negara tidak boleh bertentangan dengan Pancasila

B.                 siapa pun yang melakukan pelanggaran harus ditindak, kecuali pejabat dan penegak hukum

C.                 mengikat dan memaksa setiap penduduk negara untuk patuh serta menjalankan Pancasila

D.                mengikat dan memaksa negara-negara lain agar taat serta patuh terhadap Pancasila

15. "Merupakan pondasi utama demokrasi di Indonesia yang berlandaskan prinsip musyawarah dan kekeluargaan", pernyataan ini menggambarkan ciri nilai Pancasila sila ....

A.                demokrasi yang diarahkan oleh kebijaksanaan dalam musyawarah perwakilan

B.                 keadilan sosial untuk seluruh masyarakat Indonesia

C.                 kemanusiaan yang adil dan beradab

D.                persatuan Indonesia

16. Bagaimana peran sila keadilan sosial terhadap seluruh masyarakat Indonesia ....

A.                Siap dan bersedia berkorban untuk kepentingan rakyat Indonesia

B.                 Setiap individu Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama

C. Mengembangkan tindakan yang mulia yang terlihat dari sikap kekeluargaan dan kerja sama dalam masyarakat

D.                Membentuk sikap menghargai dan bekerja sama dengan negara-negara lain

17. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1.    Paragraf pertama dalam pembukaan berisi penjelasan singkat mengenai kalimat pertama dari proklamasi kemerdekaan.

2.    Paragraf pertama, kedua, dan ketiga dalam Pembukaan berisi penjelasan rinci mengenai kalimat pertama dari proklamasi kemerdekaan.

3.    Paragraf keempat memberikan petunjuk mengenai tanggung jawab dalam pelaksanaan proklamasi kemerdekaan

4.    Pengumuman kemerdekaan terjadi akibat adanya pembukaan

Dari pernyataan di atas yang menunjukkan adanya kaitan antara proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD Negara Republik Tahun 1945 yang benar ditunjukkan pada nomor ....

A.                1 dan 2                                    C.        1 dan 3

B. 2 dan 3 D. 3 dan 4

18. Lembaga negara yang memiliki kewenangan untuk mengubah UUD 1945 adalah.

A. BPK

B. DPR

C. MPR

D. Presiden

19. Pemilu sering diadakan di Indonesia, yang merupakan bentuk dari.

A. Pelaksanaan atas kedaulatan

B. Partisipasi dari setiap warga

C. Rakyat memiliki kedaulatan di dalam negara

D. Kebijakan persatuan di dalam negara

20. Salah satu tanggung jawab dan kewenangan DPR sesuai dengan UUD 1945 adalah.

A. Bersama Presiden membuat Peraturan Daerah

B. Bersama Presiden membentuk APBD

C. Bersama Presiden membentuk Peraturan Pemerintah Darurat

D. Bersama Presiden membentuk UU

21. Mana yang tidak termasuk dalam ciri-ciri demokrasi Pancasila, yaitu.

A. Kepemimpinan mayoritas terhadap kelompok minoritas

B. Demokrasi yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila

C. Demokrasi yang berlandaskan pada prinsip keluarga

D. Kepemimpinan yang didasarkan pada aturan hukum

22. Hak dari dewan perwakilan rakyat dalam mengajukan rancangan undang-undang disebut sebagai hak.

A. Amandemen 

B. Petisi   

C. Angket

D. Inisiatif

23. Kedaulatan sebuah negara bersifat tetap dan akan terus berlangsung selama negara tersebut masih ada, yang dikenal sebagai kedaulatan.

A. Asli

B. Tidak terbatas

C. Permanen

D. Bulat

24. Berikut ini yang dimaksud dengan lembaga perwakilan daerah adalah.

A. MPR

B. DPD

C. DPR

D. DPRD

25. Salah satu tanggung jawab dan kekuasaan DPR sesuai dengan UUD 1945 adalah.

A. Bersama Presiden membentuk Peraturan Pemerintah Darurat

B. Bersama Presiden membentuk APBD

C. Bersama Presiden membentuk UU

D. Bersama Presiden membentuk Peraturan Daerah

26. Lembaga-lembaga negara yang memiliki kewenangan untuk melakukan perubahan terhadap UUD 1945.

A. Prisiden

B. MPR

C. BPK

D. DPR

27. Merupakan hak dan kewajiban dari tugas serta wewenang DPR yaitu.

A. Memonitor tindakan pemerintah

B. Memilih Presiden dan Wakilnya

C. Menyusun rancangan anggaran negara menjadi anggaran negara

D. Mengajukan permintaan kepada Presiden agar memberikan akun

28.Kekuatan paling besar yang dimiliki oleh suatu negara dikenal sebagai.

A. Kekuasaan 

B. Kedaulatan

C. Kemerdekaan 

D. Demokrasi

29. Contoh tindakan monopoli dan konglomerat pada masa orde baru adalah beragam dalam sektor tersebut.

A. Sosial budaya

B. Politik  

C. Ekonomi

D. Hukum  

30. Sebuah negara akan goyah karena tidak memiliki pedoman, arah, dan tujuan yang jelas, hal ini merupakan dampak dari sebuah negara yang tidak memiliki ....

A.                jiwa dan kepribadian bangsa   C.        pandangan hidup bangsa

B.                 dasar negara                            D.        perjanjian luhur bangsa

31.     Kata Pancasila sudah dikenal sejak masa Kerajaan Majapahit pada abad ke-14, yaitu tercantum dalam buku Negara Kertagama karya Empu Prapanca, serta dalam buku Sutasoma karya Empu Tantular. Kata Pancasila berasal dari Bahasa Sansekerta, di mana panca berarti lima, sedangkan sila berarti batu sendi, dasar, prinsip, atau landasan. Pancasila juga mengacu pada "pelaksanaan kesusilaan yang lima (Pancasila krama), yaitu ....

A. dilarang untuk membunuh dilarang melakukan kekerasan dilarang berbohong dilarang memiliki jiwa iri dilarang bersikap musuhan

B.  dilarang melakukan kekerasan, dilarang mencuri, dilarang memiliki jiwa dengki, dilarang berbohong, dilarang mabuk atau mengonsumsi minuman keras

C. dilarang melakukan kekerasan, dilarang memiliki jiwa dengki, dilarang mengonsumsi minuman keras, dilarang membunuh, dilarang mabuk

D. Dilarang mengonsumsi minuman beralkohol, dilarang memiliki jiwa dengki, dilarang berbohong, dilarang melakukan kekerasan, dilarang membenci sesama manusia

32.     Tokoh pendiri bangsa yang bertugas menyampaikan pidato mengenai dasar negara atau prinsip dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan istilah Pancasila dalam sidang BPUPKI adalah ....

A.  Ir. Sukarno

B.  Mr. Soepomo

C.  Moh. Yamin

D.  Moh. Hatta

33.     Rumusan Pancasila yang benar, sah, dan resmi ditetapkan sebagai dasar negara adalah rumusan Pancasila yang tercantum dalam ....

A.  Piagam Jakarta

B.  Badan Tubuh UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

C.  Teks Proklamasi Kemerdekaan

D. Pembukaan Konstitusi Republik Indonesia Tahun 1945

34.     Lihat pernyataan berikut ini!

1) Sebagai dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara

2)   Petunjuk dalam bertindak dan bersikap

3) Menjadi dasar dalam penyusunan peraturan

4) Menyampaikan ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dari bangsa lain

5)   Mengatur penyelenggaraan pemerintahan

Dari pernyataan di atas yang menggambarkan peran Pancasila sebagai landasan negara adalah ....

A.  1, 2, 3

B.  1, 3, 5

C.  2, 3, 4

D.  3, 4, 5

35.     Pancasila telah disetujui bersama oleh para pendiri bangsa (founding father). Karena itu, Pancasila menjadi landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga rakyat sepakat untuk ...

A. mempelajari, menghafal, dan melaksanakan

B. menghafal, memahami, dan melaksanakan

C. menjalankan, menjaga, dan melestarikannya

D. menjaga, mendokumentasikan, dan melestarikannya

36. Perhatikan keterkaitan antara pernyataan berikut ini!

Hubungan yang tepat antara fungsi Pancasila dan maknanya ditunjukkan pada nomor ....

A. (1)             B. (2)               C. (3)           D.  (4)

37.     Pernyataan yang tepat menggambarkan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai identitas bangsa adalah ....

A. membedakan penduduk Indonesia dengan kelompok lain

B. menggabungkan bangsa Indonesia yang beragam

C. memimpin dan membimbing bangsa Indonesia

D. digunakan sebagai panduan dalam memecahkan permasalahan

38. Fungsi dan kedudukan Pancasila antara lain sebagai alat pemersatu bangsa yang terdiri dari berbagai etnis, ideologi, dan agama sehingga menjadi bangsa yang memiliki kepribadian dan rasa percaya diri. Nyataan ini menunjukkan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai ....

A.  moral pembangunan

B.  sumber hukum

C.  ideologi persatuan

D.  pandangan hidup

39. Konstitusi Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan dasar hukum dan tujuannya adalah Pancasila sebagai ....

A. sumber dari segala sumber hukum negara

B. sumber dari segala peraturan yang bersifat resmi

C. dasar dalam penyusunan hukum pidana

D.  faktor yang berperan dalam menyelesaikan masalah hukum

40. Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 1968 merupakan dokumen penting yang berkaitan dengan Pancasila khususnya penekanan mengenai ....

A. berlakunya kembali Konstitusi 1945 yang berarti Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara dan ideologi negara

B. dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia harus diterapkan secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

C. pernyataan Pancasila yang benar dan sah yang berarti Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara dan ideologi negara

D.  penempatan Pancasila sebagai sumber hukum utama yang berlaku di Indonesia

41. Pancasila dapat disebut sebagai dasar negara, pandangan hidup, ideologi negara, serta alat persatuan dalam membangun kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Kata ligatur berarti ....

A.  penggabung B.  mengelola C.  kunci D.  dasar

42. Dengan posisi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup, maka Pancasila harus ditaati oleh seluruh rakyat Indonesia. Sebagai norma hukum, Pancasila juga memiliki sifat yang mengikat. Berikut ini merupakan akibat dari sifat mengikat Pancasila yaitu ...

A. Perbedaan yang ada di antara sesama warga negara Indonesia tidak perlu disamakan, tetapi sebaiknya dianggap sebagai kekayaan bersama yang patut disyukuri.

B. merupakan dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia harus diterapkan secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

C. Pancasila memiliki hakikat dan kedudukan yang tetap, kuat, tidak berubah, dan dengan cara apa pun tidak dapat diubah.

D. Siapa pun yang melakukan pelanggaran harus ditangani sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia, serta pelaku pelanggaran akan menerima sanksi-sanksi hukum.

43. Secara umum dapat diartikan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia yaitu sebagai ….

A. panduan dan petunjuk arah bagi bangsa Indonesia

B. panduan dan petunjuk arah untuk para pemimpin

C. panduan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan

D. panduan tingkah laku masyarakat Indonesia

44. UUD Tahun 1945 adalah hukum dasar yang berbentuk tulisan yang berlaku secara sah di Indonesia, sehingga dalam penyusunan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku di Indonesia harus ...

A. memperhatikan aturan UUD NRI Tahun 1945

B. menggunakan pasal dalam Konstitusi Republik Indonesia Tahun 1945

C. dianggap sama dengan UUD NRI Tahun 1945

D. sesuai dengan isi UUD NRI Tahun 1945

45.   Makna penting membiasakan diri berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara antara lain....

A.  munculnya rasa saling menghargai antara pemimpin dan masyarakat

B. semakin baiknya penyelenggaraan pemerintahan untuk kepentingan rakyat

C. terciptanya komunikasi yang selaras antara pejabat dengan tokoh masyarakat

D. terciptanya hubungan komunikasi yang akrab dan selaras antara sesama rakyat

46. Nilai-nilai Pancasila memiliki sifat objektif dan subjektif, di mana sifat objektif berarti hakikat dari nilai-nilai Pancasila bersifat universal (berlaku di mana saja), sehingga dapat diterapkan di negara lain. Sementara itu, nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif, yang mengandung makna bahwa ...

A.  terdapat kemungkinan menjadi pandangan hidup negara lain yang memerlukan

B. nilai Pancasila akan tetap bertahan selamanya dalam kehidupan masyarakat Indonesia

C. nilai-nilai Pancasila tergantung atau melekat pada bangsa Indonesia sendiri

D. makna mendalam terkandung dalam rumusan sila-sila Pancasila itu sendiri

47. Pancasila memiliki aspek nilai moral yang sangat tinggi dan harus dipahami serta diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Nilai-nilai moral tersebut mencakup ...

A. sikap, tingkah laku, dan konsep etika

B. perilaku, konsep, dan sikap etis

C. konsep, tingkah laku, dan sikap etis

D. konsep, sikap, serta tindakan etis

48. Pancasila berperan sebagai dasar dalam pembangunan politik, serta dalam penerapannya mencegah tindakan-tindakan politik yang tidak bermoral dan tidak beradab sebagai sebuah bangsa yang memiliki cita-cita moral dan sikap luhur. Pernyataan ini menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam bidang ....

A.  politik

B.  ekonomi

C.  sosial budaya

D.  pertahanan keamanan

49. Pancasila sebagai kerangka pembangunan memiliki makna seperti berikut, kecuali ....

A. Pancasila sebagai sumber nilai, sebagai dasar, arah, dan tujuan dalam proses pembangunan

B. keputusan yang diambil oleh para penyelenggara negara dan pelaksana pemerintahan harus sesuai dengan kemauan pemimpin

C. semua aspek dalam pembangunan nasional harus berlandaskan pada hakikat nilai-nilai sila-sila Pancasila

D. menciptakan peningkatan harga diri dan martabat manusia secara konsisten berdasarkan nilai-nilai Pancasila

50. Berikut ini yang termasuk contoh dalam membiasakan tingkah laku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah adalah ….

A.  cenderung menyerah dalam interaksi dengan teman-teman di sekolah

B. mengakui kesamaan tingkat, hak, dan kewajiban antara sesama teman

C. selalu berupaya menyelesaikan permasalahan yang dialami teman dekatnya

D. tidak membedakan teman dalam berbagai bidang atau isu yang muncul

Kunci Jawaban

1.  B

2.  C

3.  D

4.  A

5.  D

6. B

7. C

8. D

9. C

10. B

11. B

12. D

13. A

14. C

15. A

16. C

17. B

18. C

19. A

20. B

21. A

22.  A

23. C

24.  D

25.  B

26.  B

27.  A

28. D

29. C

30. C

31. B

32.  A

33.  D

34.  B

35.  C

36.  D

37.   A

38.  C

39.  A

40.  C

41.  A

42.  D

43.  A

44.  A

45.  B

46.  C

47.  D

48.  A

49.  B

50.  B

- Baca Berita Terkini Lainnya diGOOGLE NEWS- Peroleh Berita Trending Melalui SaluranWhatsApp!!!Membaca Berdampak Positif Bagi Pikiran Seperti Olahraga Berdampak Positif Bagi Tubuh!!!

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Comments