Vidio dan Shopee Hadirkan Pengalaman Belanja Baru dengan Tayangan Favorit

TANJUNGPINANG PIKIRAN RAKYAT –Video, platform OTT terkemuka di Indonesia, secara resmi meluncurkan fitur Vidio Shopping dengan "Vidio Affiliate Shopping Ads" yang bekerja sama dengan Shopee.

Fitur terbaru ini memungkinkan pengguna Vidio untuk langsung membeli produk di Shopee sesuai dengan konten yang ditampilkan.

Fitur ini membuat Vidio menjadi layanan OTT pertama di Indonesia yang menyediakan fitur afiliasi e-commerce secara langsung dalam tayangan.

Dengan Shopee, inisiatif ini menyediakan pengalaman berbelanja yang kontekstual dan mulus.

Dengan kolaborasi ini, Vidio dan Shopee menekankan potensi kedua platform dalam mendukung bisnis dari berbagai ukuran, termasuk UMKM dan merek lokal, agar mampu mencapai konsumen melalui media yang lebih sesuai dan kontekstual.

Peluncuran ini merupakan tindakan strategis dari Vidio untuk memperkuat posisinya dalam ekosistem digital yang terus berkembang.

Di Indonesia, perkembangan bisnis konten sedang berkembang pesat, berubah dari hanya menjadi konten yang informatif menjadi saluran penjualan langsung yang terhubung dengan platform digital dan media sosial.

Inisiatif ini menekankan pengembangan metode belanja yang lebih menarik, personal, serta terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari pengguna.

Pada tahap awal peluncuran, fitur ini dapat ditemukan di berbagai tayangan populer Vidio, seperti Premier League, Asmara Gen Z, dan Vidio Original Series, di mana penonton bisa melihat dan membeli barang lewat aplikasi Shopee tanpa perlu beralih layar.

Cukup dengan menekan ikon keranjang atau banner yang muncul di dalam konten, pengguna akan dialihkan ke halaman produk Shopee untuk melakukan checkout yang cepat dan sederhana.

Kolaborasi ini merupakan langkah awal menuju pengalaman berbelanja yang semakin relevan dan sesuai dengan kebutuhan individu. Di masa mendatang, fitur ini akan dikembangkan lebih lanjut dengan kemampuan penyesuaian pribadi yang memungkinkan setiap penawaran disesuaikan dengan minat dan kebiasaan menonton pengguna.

Kombinasi antara hiburan dan e-commerce membuka kesempatan baru dalam mengubah penonton menjadi konsumen secara alami dan sesuai.

Sampai saat ini, fitur Vidio Shopping masih berada dalam tahap pengujian dengan 15 merek yang telah bergabung dalam ekosistem "content commerce" tersebut, antara lain Wondermist, FFAR, Majika, Wardah, Emina, Kahf, Make Over, Samsung, Somethinc, Amaterasun, Hint, Nivea, Eiger, Colorbox, dan The Executives.

Fitur Vidio Shopping akan memudahkan penonton untuk berbelanja di Shopee sambil menonton konten yang mereka sukai di Vidio secara sederhana, antara lain:

⦁ Langkah 1: Tekan tombol 'Play' pada konten yang ingin Anda tonton di Vidio.

⦁ Langkah 2: Penonton bisa melihat daftar lengkap serta detail mengenai setiap produk di bagian banner atau ikon keranjang yang akan muncul dalam konten tersebut.

⦁ Langkah 3: Jika pengunjung mengklik produk yang disukai, mereka akan langsung dialihkan ke halaman produk di Shopee. Pengunjung dapat memasukkan produk ke keranjang Shopee atau mengklik 'Beli Sekarang' dan melakukan checkout secara cepat dan mudah.

Sutanto Hartono, CEO Vidio menyatakan, kerja sama ini menjadi tanda kemajuan inovasi di dunia periklanan digital.

Melalui Vidio Shopping, kami menggabungkan kekuatan konten streaming dengan tur belanja interaktif dari Shopee, menciptakan bentuk iklan yang terintegrasi dan muncul pada saat yang paling sesuai, ketika pengguna menikmati konten kesukaan mereka. Kami bangga menjadi mitra Shopee, platform e-commerce terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara, sekaligus membuka peluang pendapatan baru serta menetapkan standar inovasi bagi ekosistem konten dan perdagangan di negara ini," kata Sutanto.

Di sisi lain, Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth, Shopee Indonesia menyatakan bahwa Shopee senang berkolaborasi dalam program inovatif yang ditawarkan Vidio, yang secara canggih mengubah momen-momen paling menarik dari sebuah tayangan menjadi pengalaman belanja yang sesuai dan lancar.

"Kami melihat kerja sama ini mampu memperkuat koneksi para penjual di platform kami dengan lebih banyak calon pembeli melalui konten menarik yang disajikan oleh Vidio. Dan di masa depan akan semakin mendorong pertumbuhan serta peningkatan penjualan bagi UMKM dan brand lokal," kata Monica.

Fitur Vidio Shopping telah diuji coba sejak 25 Juli 2025. Fitur terbaru yang memungkinkan penonton melakukan pembelian ini, merupakan tindakan nyata dari kolaborasi Shopee dan Vidio dalam menyajikan inovasi periklanan digital dan e-commerce yang secara alami sesuai dengan kebiasaan penonton Indonesia saat ini. ***

*

إرسال تعليق (0)
أحدث أقدم